Danau Toba 4

10 Wisata Danau Paling Terkenal dan Menawan di Indonesia

Wisata Danau Paling Terkenal dan Menawan di Indonesia – Berwisata ke objek-objek wisata alam memang mengasyikkan dan memiliki daya tarik tersendiri, karena wisatawan akan bisa merasakan dan melihat pesona keindahan alam secara langsung dan lebih dekat. Beberapa objek wisata alam, seperti air terjun, pantai, pegunungan, mungkin akan sudah biasa dikunjungi. Meskipun bukan dianggap baru, namun berwisata ke danau tidak seterkenal di saat berwisata ke gunung, air terjun dan pantai.
Ada beberapa wisata danau paling terkenal di Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi, yang pasti karena keindahan alamnya yang cukup menawan, sehingga tidak kalah menarik dibandingkan dengan objek-objek wisata alam lainnya. Berikut ini ulasan-ulasannya:

Danau Toba

Wisata danau paling terkenal adalah Danau Toba sebagai danau terbesar di Indonesia dan danau terluas di Asia Tenggara. Danau ini berlokasi di propinsi Sumatera Utara, merupakan danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Luasnya mencapai sekitar 1145 kilometer persegi , berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
Wisata Danau Paling Terkenal - danau toba
Kedalaman dari Danau Toba sekitar 450 meter, sehingga menjadi salah satu danau terdalam yang ada di dunia. Yang menjadi Danau Toba sangat terkenal lagi adalah adanya Pulau Samosir, yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Di dalam pulau tersebut  terdapat dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir ini menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir, suku yang masih memegang teguh kepercayaan leluhur dengan menjalankan berbagai ritual yang biasa dilakukan nenek moyang dahulu. Terdapat dua desa yang sangat terkenal di Pulau Samosir, yaitu Tomok dan Tuktuk. Danau Toba yang bisa diakses lebih dekat dengan kendaraan dari kota Parapat, Simalungun.

Danau Segara Anakan

Merupakan danau yang terbentuk di Kaldera atau kubangan kawah Gunung Rinjani, yang berada pada ketinggian 3775 meter di atas permukaan laut. Pemandangan di Danau Segara Anakan ini sangat indah, sehingga pernah diabadikan dalam uang pecahan Rp 10.000, keluaran tahun 1998. Danau Segara Anak mempunyai luas lahan 1.100 hektare, serta kedalaman 230 m. Dalam Danau Segara Anakan banyak ikan, sehingga wisatawan yang datang ke sana, memanfaatkannya untuk mendapatkan ikan melalui memancing.
Wisata Danau Paling Terkenal - segara anak
Di tengah danau tersebut terbentuk kerucut baru yang dinamakan Gunung Baru Jari, merupakan bahasa sasak yang berarti gunung baru jadi. Wisata danau paling terkenal di Nusa Tenggara Barat ini berada pada posisi di Desa Sembalun Lawang, Lombok. Segara Anak berarti anak laut. Hal ini karena air danau ini yang tampak begitu biru. Di sekitar Danau Segara Anak terdapat beberapa sumber air panas, yang dipercaya masyarakat setempat dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Danau Beratan

Lokasi danau ini berada Bedugul, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Wisata danau paling terkenal di Bali ini ditambah dengan pemandangan pura yang bernama Pura Ulun Danu berada di tengahnya. Pura Ulun Danu ini merupakan tempat pemujaan bagi Sang Hyang Dewi Danu, Dewa pemberi kesuburan. Suasana di sekitar Danau Beratan ini sungguh sejuk dan asri dengan pepohonan yang tumbuh subur dan lebat.
Wisata Danau Paling Terkenal - danau beratan
Danau Beratan terletak di dataran tinggi, kabut pun seringkali turun menyelimuti danau. Untuk dapat mencapai Danau Beratan ini, dapat ditempuh dengan berkendara dari arah kota Denpasar. Danau Beratan ini dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Singaraja.

Danau Kelimutu

Terletak di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), wisata danau paling terkenal ini tepatnya di Kabupaten Ende. Danau Kelimutu merupakan salah satu danau yang cukup menakjubkan dan menawan, sangat terkenal pula dengan sebutan Danau Tiga Warna. Danau Kelimutu berada di sebuah gunung dengan nama Gunung Kelimutu, nama yang sama untuk kedua objek yang berbeda. Danau Kelimutu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu.
Wisata Danau Paling Terkenal - danau kelimutu
Tempat wisata ini berada di puncak gunung dengan ketinggian 1690 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan julukannya, Danau Tiga Warna ini terdiri dari tiga buah kubangan atau kawah dengan warna yang berbeda-beda. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan karena tiga kawah dengan jarak yang berdekatan, bisa memiliki warna air yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Warna air danau bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya.

Danau Singkarak

Wisata Danau Paling Terkenal - danau singkarak
Merupakan danau terluas urutan nomor 2 di pulau Sumatera. Lokasi danau Singkarak terletak di Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Danau Singkarak memiliki luas 107,8 meter persegi dan terletak di ketinggian 36,5 meter di atas permukaan laut. Selain terkenal karena keindahannya, Danau Singkarak juga terkenal sebagai habitat ikan bilih. Ikan ini dipercaya hanya bisa hidup di Danau Singkarak. Menikmati keindahan Danau Singkarak dapat dilakukan dengan menaiki sampan, perahu motor, ataupun becak danau. Danau ini merupakan hulu sungai Batang Ombilin dan sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak, kabupaten Padang Pariaman.

Danau Limboto

 

Wisata danau paling terkenal - danau limboto

 

Merupakan sebuah danau yang berada di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Propinsi Gorontalo. Danau ini memiliki kedalaman 5-8 meter. Wisatawan yang datang dapat melakukan kegiatan sambil menikmati keindahan alamnya, antara lain, memancing, lomba berperahu, atau berenang. Wisatawan bisa menikmati ikan bakar segar yang disediakan oleh nelayan lokal dengan harga murah. Danau Limboto tingkat kedalaman dan luasnya dari tahun ke tahun terus berkurang. Luas Danau Limboto pada tahun 1999 berkisar antara 1.900-3.000 hektar, dengan kedalaman 2-4 meter berdasarkan data Cabang Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo tahun 2000. Sebelumnya, pada tahun 1932, luas perairan ini mencapai 7.000 hektar.

Danau Matano

Merupakan wisata danau paling terkenal sebagai danau urutan kedelapan  terdalam di dunia. Posisinya berada di Sorowako, Sulawesi Selatan. Perjalanan menuju Danau Matano, dimulai terlebih dahulu dari ibukota propinsi Makassar menuju Sorowako yang terhitung cukup jauh. Sorowako merupakan sebuah kota kecil dimana terdapat sebuah tambang nikel yang dikelola oleh PT INCO. Ada beberapa spot atau titik yang bisa dipilih untuk dikunjungi. Yang pertama adalah mata air Bura-bura, merupakan sumber mata air yang mengalir ke Danau Matano. Selanjutnya, menyusuri Sungai Dingin, merupakan sungai yang bermuara ke Danau Matano Sorowako. Spot berikutnya Gua Bawah Air. Pada musim kemarau, mulut gua bisa terlihat, sementara pada musim hujan mulut gua seluruhnya terendam air. Pulau Kucing berada di tengah-tengah Danau Matano, yang biasa dipergunakan untuk tempat parkir raft.

Danau Laut Tawar

Objek Wisata Danau Laut Tawar adalah objek wisata alam yang dibanggakan oleh masyarakat Aceh. Danau Laut Tawar terletak disebelah timur kota Takengon, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Danau ini merupakan danau terluas di propinsi NAD, yaitu dengan luas sekitar 5.472 ha, panjang 17 km, dan lebar 5,5 km. Akses menuju Takengon lebih mudah di tempuh melalui kota Bireun. Dua bukit yang mengapit objek wisata danau laut tawar ini semakin menambah keindahannya. Objek wisata Danau Laut ini menjadi habitat bagi ikan depik. Di Objek wisata ini tersedia fasilitas sebuah kapal motor yang digunakan untuk membawa penumpang mengelilingi danau sambil menikmati keindahan alamnya.

Danau Sentani

Papua menyimpan keindahan wisata danau yang terbesar pada Danau Sentani, yang berada di lereng pegunungan cagar alam Cycloops, pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Jaraknya sekitar 50 km dari Jayapura. Sentani memiliki makna “di sini kami tinggal dengan damai”. Danau Sentani ini dihiasi dengan 21 buah pulau kecil. Di perairannnya, juga memiliki keanekaragaman biota laut dan hewan endemik Papua, contohnya hiu gergaji atau hiu sentani, ikan gabus danau sentani, dan ikan pelangi merah. Setiap tahunnya, di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani yang biasanya diadakan pada pertengahan tahun, dengan menampilkan tari-tarian adat di atas perahu, tarian perang Papua, upacara adat, dan kuliner khas Papua.

Danau Maninjau

Merupakan danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Danau ini memiliki luas sekitar 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimum 495 meter. Danau Maninjau menjadi sumber air bagi Sungai Batang Sri Antokan. Menurut legenda masyakarat setempat, cekungan danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Sitinjau.
Wisata danau paling terkenal - danau maninjau
Danau Maninjau juga dikelilingi oleh barisan perbukitan yang sangat indah, dengan suasana keheningan bagi mereka yang berkunjung. Untuk mencapai Danau Maninjau, harus melewati jalanan menurun yang berkelok-kelok. Jumlah kelokannya ada 44 kelokan sehingga dinamai kelok 44 atau Kelok Ampek Puluh Ampek dalam bahasa Minang.
Share dong...

Komen dong, gak bayar kok!

error: Oi, Ga Boleh Copas!!